Rss Feed
  1. 3M (Mitos-Mitos Menstruasi)

    Jumat, 13 Februari 2015


    Seringkali kita mendengar larangan-larangan seperti ‘keramas saat menstruasi’ atau mitos-mitos lain seputar menstruasi di kalangan masyarakat. Entah darimana sumber dari mitos-mitos ini. Tapi banyak sekali mitos yang beredar tentang menstruasi di kalangan masyarakat.
    Berikut mitos mengenai menstruasi beserta kebenarannya.
    1. Memotong kuku dan rambut
      Seringkali kita mendengar adanya mitos di masyarakat bahwa pada saat haid kita tidak diperbolehkan memotong kuku atau rambut, karena kuku atau rambut dianggap sebagai bagian dari tubuh kita yang harus disucikan apabila telah selesai haid. Faktanya tidak ada larangan mengenai memotong kuku dan rambut saat haid. Kuku yang tidak dipotong dapat menjadi sarang bagi kuman-kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan alergi atau gangguan kesehatan lainnya. Oleh karena itu dianjurkan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan saat haid.
    2. Dilarang keramas saat haid
      Dari segi kesehatan, ketika wanita sedang haid, produksi keringat dan kelenjar minyak akan meningkat dari hari-hari biasa. Termasuk produksi minyak di kulit kepala yang mengakibatkan rambut mudah kotor serta gatal. Oleh karena itu, membersihkan diri dan keramas bagi wanita yang sedang haid lebih baik dalam rangka menjaga kebersihan.
    3. Dilarang minum air dingin
      Tidak ada hadist ataupun dasar lainnya (segi kesehatan) yang menyatakan bahwa mengonsumsi air dingin dapat mengganggu haid.

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil