Rss Feed
  1. GAMBARAN UMUM MANAJEMEN

    Jumat, 07 November 2014


    Manajemen adalah sekumpulan orang yang bekerjasama disetiap bidangnya untuk mencapai satu tujuan yang berfungsi sebagai perencanaan, pengorganisasian, menggerakan dan pengawasan serta pemanfaatan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu.

    Manajer adalah individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi.

    Proses manajemen adalah serangkaian kegiatan yang diperlukan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi. Meliputi Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan.

    Tingkatan Manajemen
    • Manajemen Puncak (Top Management ) contoh : Direktur, wakil direktur, direktur utama.
    • Manajemen Menengah (Middle Management) contoh : manajer wilayah, kepala divisi, direktur produksi.
    • Manajemen Bawah/Lini (Low Management) contoh : supervisor/pengawas produksi, mandor.
    Keterampilan Manajerial
    • Keterampilan teknis (technical skill) : Menguasai pengetahuan tentang metode, proses, prosedur dan teknik untuk melaksanakan kegiatan khusus dan kemampuan untuk menggunakan alat-alat dan peralatan yang relevan bagi kegiatan tersebut,
    • Keterampilan untuk melakukan hubungan antar manusia (human skill) : Kemampuan untuk memahami perilaku manusia, proses kerjasama, komunikasi dan sifat orang lain.
    • Keterampilan konseptual (conceptual skill) : Kemampuan analisis dan berpikir sosial.

    Tiga Kategori Peran Manajer
    • Peran lnformasi Manajer, Menjelaskan kegiatan untuk mempertahankan dan mengembangkan jaringan informasi.
    Kategori Peran Informasi ialah :
    a. Pengawasan : Mencari dan menerima informasi dan laporan
    b. Penyebar luas : Meneruskan informasi kepada anggota organisasi
    c. Juru bicara : Menyampaikan informasi kepada pihak luar
    • Peran Antar Pribadi
    Kategori Peran Antar Pribadi ialah :
    a. Sebagai figur dan Pemimpin : Mengarahkan dan memberikan motovasi kepada bawahan. Seperti : melatih, membimbing dan berkomunikasi, Sebagai penghubung , Menjaga saluran komunikasi, baik di dalam atau di luar organisasi
    • Peran Pengambilan Keputusan : menentukan pilihan dan mengambil tindakan
    Kategori Peran Pengambilan Keputusan ialah:
    a. Wirausahawan : Mewakili proyek perbaikan , Mengidentifikasi ide
    b. Penyelesai masalah, Mengambil tindakan korektif selama terjadi krisis Menyelesaikan konflik antar bawahan, Beradaptasi dengan lingkungan.
    c. Pembagi sumber daya : Memutuskan siapa yang memperoleh sumber daya, Menentukan jadwal dan anggaran , Menetapkan prioritas
    d. Negosiator : Mewakili departemen selama negosiasi, koontrak kerja, penjualan, pembelian dan anggaran.

    Manajemen merupakan suatu ilmu dan seni
    Keduanya adalah tidak bisa dipisahkan, Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori.
    Sedangkan manajemen sebagai suatu seni, disini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain,

    Teori Manajemen klasik
    Aliran klasik : Aliran ini mendefinisikan manajemen sesuai dengan fungsi-fungsi manajemennya. Perhatian dan kemampuan manajemen dibutuhkan pada penerapan fungsi-fungsi tersebut. Tokoh dari aliran organisasi klasik ini yaitu Henri Fayol (1841-1925) Peninggalan Fayol yang paling terkenal adalah tentang lima fungsi utama manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasi, memerintah, mengkoordinasi, dan mengontrol.

    Teori Manajemen Perilaku
    Aliran perilaku (hubungan manusiawi atau neoklasik) berkembang karena ketidakpuasan bahwa yang dikemukakan aliran klasik dipandang tidak benar-benar membantu pencapaian efisiensi produksi dan keharmonisan kerja. Oleh karena itu dicari upaya untuk membantu manajer mengatasi masalah organisasi melalui sisi perilaku karyawan. Tokoh-tokoh dalam aliran ini yang utama adalah Hugo Munsterberg (1863-1916) dan Elton Mayo (1880-1949).

    Teori Ilmu Manajemen
    Aliran ilmu manajemen (management science) ini sering disebut sebagai aliran operations research dan aliran kuantitatif (the quantitaive school). Disebut aliran kuantitatif karena aliran ini berpendapat bahwa persoalan-persoalan manajemen bisa dipecahkan dengan menggunakan teknik-teknik kuantitatif (dengan menggunakan bantuan statistik dan matematik).

    Pengaruh Manajemen : aktivitas formulasi strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan dengan cepat.

    Akibat pengaruh lingkungan terhadap Manajemen
    1. Lingkungan Eksternal : berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan sosial ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang
    2. Lingkungan Internal : faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produk , contohnya tenaga kerja.

    Sumber
    Sumber
    Sumber 
    Sumber 
    Sumber


  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil