Dengan Menu
Pilihan Pertama : Program
Biodata
Pilihan Kedua : Program
Perhitungan Segitiga
Pilihan Ketiga : Program Kondisi
Pilihan Keempat : Exit (Keluar
dari Pilihan)
Berikut Codingannya
Berikut Outputnya
Pilihan Menu 1 : Program Biodata
Pilihan Menu 2 : Program
Perhitungan Pilihan Menu 3 : Program Kondisi
0 adalah angka kosong
2,4,6,8 dst bilangan genap akan tercetak angka genap 1,3,5,7
dst bilangan ganjil akan tercetak angka ganjil
Pilihan Menu 4 : Exit akan keluar
tulisan “terima kasih”
Pilihan Menu selain 1-4 akan keluar tulisan “pilihan anda salah”
Logika Program:
#include <iostream.h>
Karakter # disebut sebagai
preposcessor
untuk membaca source code dan menjalankan perintah pada baris
tersebut sebelum compiler dijalankan.
Menyertakan library
/ file header
<iostream> yang berfungsi untuk mengaktifkan mode berisi input
output pada program.
#include <conio.h>
Library / file header
singkatan dari Console Input and Output dan digunakan untuk membuat
teks antarmuka pengguna.
Komponen dari library ini
adalah : getchar, getch, getche, clrscr().
int pil, alas, tinggi, nilai;
instruksi untuk
mendeklarasikan variable pil, alas, tinggi, nilai yang menggunakan
tipe data integer (int).
char nama [30];
char npm [10];
char kelas[10];
instruksi untuk
mendeklarasikan variable nama dengan nilai sebanyak 30 karakter,
variable npm 10 karakter dan variable kelas 10 karakter dan
menggunakan tipe data char (karakter huruf dan angka).
double luas;
instruksi untuk
mendeklarasikan variable luas menggunakan tipe data bilangan real
dengan ketelitian tinggi
void main (){
Statement untuk menandai
sebagai kepala program.
Tanda { untuk mengawali
penulisan instruksi isi program dan setiap akhir statement diberi
tanda ;.
clrscr();
Perintah yang berfungsi untuk
membersihkan layar pada saat program dijalankan.
cout<<"=====MENU====="\n;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
=====MENU=====
Disertai dengan penempatan
kursor pada baris baru dari instruksi \n.
cout<<"1.
Biodata\n”;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
1. Program Biodata
cout<<"2.
Perhitungan\n”;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
2. Program Perhitungan
cout<<"3.
Kondisi\n”;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
3. Program Kondisi
cout<<"3. Exit\n”;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
4. Exit/keluar dari menu
cout<<"Masukkan
Pilihan Anda: ";
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Masukkan Pilihan Anda:
cin>>pil;
input yang dimasukkan tersebut
dimasukkan sebagai variable pil sesuai dengan deklarasi.
switch (pil)
instruksi switch yang
berfungsi untuk melakukan alur percabangan dengan kumpulan bagian
program yang masing-masing berdiri sendiri. Dimana input dari
variable pil akan mengarahkan ke suatu kondisi (case) masing-masing.
{
case 1 :
bagian program suatu
percabangan yang pertama yang berdiri sendiri.
cout<<"Program
Biodata\n”;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Program Biodata
Sebagai bagian program pada
menu pertama.
cout<<"Masukkan
Nama : ";
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Masukkan Nama :
cin>>nama;
input tersebut dimasukkan
dalam variable nama.
cout<<"Masukkan NPM
: ";
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Masukkan NPM :
cin>>npm;
input tersebut dimasukkan
dalam variable npm.
cout<<"Masukkan
Kelas : ";
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Masukkan Kelas :
cin>>kelas;
input tersebut dimasukkan
dalam variable kelas.
cout<<"Nama anda
"<<nama<<"dengan NPM "<<
npm<<”Berada di kelas"<<kelas;
perintah untuk mencetak
tulisan:
Nama anda diikuti input dari
variable nama, dengan NPM dan diikuti input dari variable npm ,
Berada di kelas diikuti input dari variable kelas, Dicetak pada baris
yang sama.
break;
instruksi ini berfungsi untuk
keluar dari case pertama ini.
case 2 :
bagian program suatu
percabangan yang kedua yang berdiri sendiri.
cout<<"Program
Perhitungan\n”;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Program Perhitungan
Sebagai bagian program pada
menu kedua.
cout<<"Masukkan
Alas : ";
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Masukkan alas :
cin>>alas;
input tersebut dimasukkan
dalam variable alas.
cout<<"Masukkan
Tinggi : ";
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Masukkan tinggi :
cin>>tinggi;
input tersebut dimasukkan
dalam variable tinggi.
luas=(alas*tinggi)/2;
menetapkan rumus untuk luas
segitiga (luas) dimana alas (alas) dikali tinggi (tinggi) dibagi 2.
cout<<"Luas
Segitiga Adalah : "<<luas;
instruksi untuk mencetak
tulisan:
Luas segitiga adalah : dan
diikuti output nilai hasil proses variable luas.
break;
instruksi ini berfungsi untuk
keluar dari case kedua ini.
case 3 :
bagian program suatu
percabangan yang ketiga yang berdiri sendiri.
cout<<"Program
Kondisi\n”;
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Program Kondisi
Sebagai bagian program pada
menu ketiga.
cout<<"Masukkan
sebuah angka = ";
perintah untuk menampilkan
tulisan:
Masukkan sebuah angka :
cin>>nilai;
input tersebut dimasukkan
dalam variable nilai.
if (nilai==0){
perintah kondisi dengan
menggunakan “if” dengan nilai bertipekan integer membandingkan
dua elemen nilai dan dihasilkan nilai perbandingannya, yaitu betul
(bernilai 1) atau salah (bernilai 0).
cout<<nilai<<”Angka
Kosong\n”;
perintah menampilkan hasil dan
tulisan:
apabila memasukkan angka 0
maka akan tercetak “angka kosong”
}else if(nilai%2==0){
cout<<nilai<<”Angka
Genap\n”;
perintah menampilkan hasil dan
tulisan:
apabila memasukkan angka genap
yaitu 2,4,6,8 dst . Nilai tersebut akan membandingkan dua elemen
nilai dan dihasilkan nilai perbandingannya, yaitu betul maka akan
tercetak “nilai genap”
}else{
cout<<nilai<<”Angka
Ganjil\n”;}
perintah menampilkan hasil dan
tulisan:
apabila memasukkan angka
selain 0 dan bukan genap maka akan tercetak “nilai ganjil”
break;
instruksi ini berfungsi untuk
keluar dari case ketiga ini.
case 4 :
bagian program suatu
percabangan yang keempat yang berdiri sendiri.
cout<<”Terima
Kasih\n”;
akan menampilkan tulisan :
Terima Kasih
default :
default :
instruksi yang akan
mengeksekusi jika nilai variable yang diminta untuk variable pil
tidak sesuai akan mengalihkan ke kondisi diluar pilihan yang ada.
cout<<"Pilihan Anda
Salah ";
instruksi untuk mencetak
tulisan:
Pilihan Anda Salah
Output dari input variable pil
yang tidak sesuai.
break;
instruksi ini berfungsi untuk
keluar dari bagian default ini.
}
getch();
Statement untuk menghentikan
kursor sebelum input selanjutnya.
}
Tanda untuk menutup penulisan
isi program.
0 komentar:
Posting Komentar