Supply
Chain adalah Sebuah rangkaian atau jaringan
perusahaan-perusahaan yang bekerja secara
bersama-sama untuk membuat dan menyalurkan produk atau jasa
kepada konsumen akhir.
Dalam
sebuah SC terdapat tiga aliran :
•
Material
•
Informasi
•
Dan Uang / dana.
Struktur
SC yang sederhana
Supply
Chain Management adalah manajemen terhadap aliran
antar dan diantara tahapan supply chain untuk memaksimalkan
profitabilitas keseluruhan supply
chain.
Supply
Chain Dell Computer
•
Ketika customer membeli secara online dari Dell Computer, supply
chain yang terlibat;
-Pelanggan
-Web site Dell menerima order pelanggan
-Pabrik perakitan Dell
-Pemasok Dell
•
Setelah mendapatkan produk yang dipilih, pelanggan memasukan
informasi order dan membayar. Customers dapat melihat
pada Web site untuk mengecek status order
•
Dell’s assembly plant memenuhi customer’s order
•
Dell Computer menerima komponen dari beberapa suplier dan
memasok
produk melalui beberapa transportasi
•
Dell computer tidak memiliki retailer, wholesaler and distributor
Tantangan
dalam Mengelola Supply Chain
•
Kompleksitas Struktur Supply Chain
-Melibatkan banyak pihak dengan kepentingan yang berbeda-beda
-Perbedaan bahasa, zona waktu dan budaya antar perusahaan
•
Ketidakpastian
-Ketidakpastian permintaan
-Ketidakpastian pasokan: lead time pengiriman, harga dan kualitas
bahan
baku, dll
-Ketidakpastian internal: kerusakan mesin, kinerjamesin yang tidak
sempurna,
ketidakpastian kualitas produksi dll
Kesimpulan:
• Supply chain management adalah tentang mendapatkan barang-barang yang tepat ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat,efisien dan efektif.
• Beberapa dari ini "barang" adalah hal-hal fisik, tetapi sama pentingnya adalah informasi dan arus keuangan.
• Sebagian besar aliran masuk "maju" dalam rantai pasokan, tetapi "arus sebaliknya" juga penting
• Teknologi memainkan peran penting dalam modern SCM.
• Banyak organisasi yang menggunakan paket yang dibeli dari perusahaan-perusahaan seperti Manugistics, i2 dan SAP
• Tapi perusahaan dengan yang paling canggih SCM cenderung untuk mengembangkan sebagian besar dari mereka sendiri kustom sistem
• Manajemen rantai pasokan yang efektif memiliki integrasi informasi sebagai yayasan.
• Namun untuk benar-benar memaksimalkan efisiensi dan responsivitas di seluruh rantai pasokan, perusahaan telah bergerak ke arah semacam virtual integrasi strategi Dell mempekerjakan, di mana keputusan-keputusan, kerja, akuntabilitas, risiko, biaya, dan keuntungan yang pindah ke posisi dalam rantai pasokan di mana pengetahuan terbaik dan insentif berada, daripada cara tradisional perusahaan bekerja (misalnya, siapa pun yang memiliki sumber daya menimbun informasi, melakukan pekerjaan, membuat keputusan).
0 komentar:
Posting Komentar