Rss Feed
  1. *Business Role*
    Pada awalnya SI diposisikan sebagai alat bantu untuk mengintegrasikan data dan meningkatkan kualitas informasi semata, maka kini SI telah menjadi strategi bisnis yang sangat hebat . Ide dasarnya adalah perusahaan menggunakan SI baik sebagai alat bantu maupun strategi yang tangguh dalam mengintegrasikan dan mengolah data dengan cepat dan akurat serta penciptaan produk layanan baru sebagai daya saing dalam menghadapi kompetisi. Contoh : bidang perbankan, distribusi, telekomunikasi, manufaktur, penerbangan,pendidikan, perhotelan, perdagangan, RS, dll.

    Tahap-Tahap Pembangunan SI

    1. Adanya keinginan yang kuat dan konsistensi untuk membangun aliran data dan informasi yang lancar, sistematis, sederhana dan akurat, mampu memberikan respon dan mengolahnya
    2. Pembangunan jaringan komputer yang mampu mengalirkan data dan informasi dari berbagai terminal
    3. Perluasan jaringan kerja dan pasar melalui pembangunan SI e-business
    4. Mempersiapkan diri memasuki era persaingan global melalui pembangunan SI berbasis peraturan standar internasional.

    *Value of information*

    • Menurut Teori Informasi:
    – Informasi didefinisikan sebagai "pengurangan ketidakpastian"

    Ketidakpastian – Pilihan – Informasi - nilai
    Hal ini penting untuk fokus investasi terhadap informasi dan sistem informasi yang mendukung pengambilan keputusan pada nilai generasi "front-end" dari siklus hidup proyek Pemerintah harus membuat semua Data yang relevan dan Informasi yang tersedia sebagai front-end loading untuk proyek-proyek untuk mengurangi risiko dan dengan demikian memaksimalkan pendapatan dari semua investasi.

    *Business Transformation* 
    BTM menyelaraskan Visi, Nilai Disiplin, Tujuan dan Strategi yang akan dijalankan melalui Bisnis yang Efektif

    Kata-kata kunci dalam menerapkan Transformasi Bisnis Manajemen adalah:
    - Fokus pada Bisnis Unit
    - proposisi nilai yang unik

    Persaingan sekarang menuntut produk bermutu, pengiriman tepat waktu, layanan cepat, purna jual memuaskan dan harga bersaing maka tentunya membutuhkan keunggulan manajemen perusahaan untuk mengelola bisnis dengan ketajaman daya saing yang harus dibangun secara sistematis. Kemampuan membuktikan kepada pelanggan serta publikasi tentang kehandalan manajemen perusahaan menjadi senjata membangun citra perusahaan.

    2 Faktor Business Transformation Management
    1. Kekuatan Intangible Assets
    2. Perubahan Internal perusahaan untuk mengimbangi dan mengatasi persaingan dan tuntutan pasar yang berubah dengan cepat dibeberapa sektor bisnis

    *Internet Technologies*
     
    Dalam istilah sederhana, Intranet adalah istilah deskriptif yang digunakan untuk implementasi dari Internet. implementasi ini dilakukan sedemikian rupa untuk transparan memberikan besar sumber daya informasi dari
    sebuah organisasi untuk masing-masing individu desktop dengan minimal biaya, waktu dan usaha.
     
    komponen utama teknologi Internet :
    1. Protokol komunikasi: kemampuan untuk menghubungkan dan berkomunikasi antara jaringan dan individu
    perangkat desktop.
    2. File Transfer: kemampuan untuk mentransfer file antara titik-ke-titik lokasi.
    3. Mail: kemampuan untuk menyediakan toko-dan-maju satu-ke-satu dan satu-ke-banyak komunikasi antara
    individu atau kelompok.
    4. Web Browsing:kemampuan untuk memberikan akses ke informasi pada satu ke banyak atas dasar permintaan.
    5. Emulasi Terminal: kemampuan untuk mengakses infrastruktur aplikasi.
    6. User Interface: kemampuan untuk meningkatkan kompleksitas teknis

    Kesimpulannya :
    Komunikasi adalah kunci untuk kesuksesan bisnis, pemanfaatan Intranet adalah kunci untuk efektif dan efisien


    *Business Strategy*

     
    Merancang Strategi Sistem Informasi E-business
    Strategi itu tidak hanya berupa strategi bisnis, melainkan juga melibatkan strategi TI. Strategi perlu disusun dengan cermat karena disusun untuk menjawab tantangan bisnis seperti kompetitor pada satu jenjang atau kompetitor kecil lainnya, produk substitusi dan tuntutan konsumen.
    Strategi juga berfungsi untuk mengelola sumber daya yang terbatas jumlahnya guna meningkatkan kemampuan perusahaan dalam memperoleh laba. SI e-business yang dibangun harus terdefinisi secara jelas dan terinci tentang model bisnis yang akan diterapkan, alur pergerakan data dan informasi, jenis dan model informasi serta penentuan hak akses informasi tsb.
    Strategi TI meliputi penentuan hardware dan software baik sistem maupun aplikasinya. Strategi manajemen informasi meliputi pengelolaan aset baik tenis maupun sumberdaya manusia yang ada. Termasuk penentuan akses sistem, pembuatan sistem password dan validitasnya.




  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil