Rss Feed
  1. LA 3 PROLOG

    Jumat, 13 November 2015


    Pada Minggu ini saya ingin memberikan sedikit codingan membuat menu program pada prolog dengan isian menu pilihan Biodata, Luas Lingkaran, Ganjil Genap, Exit.
    Berikut Codingannya :
























    Penjelasan
    Pertama adalah membuat label dengan nama yang kita inginkan, disini saya membuat label atau judul "menu" dan write disini adalah menampilkan pilihan di editor prolog dan fungsi nl ini untuk pergantian baris atau enter dengan membuat pilihan menu pertama yaitu biodata, kedua menghitung luas lingkaran, ketiga menentukan bilangan ganjil genap dan pilihan ke empat adalah exit atau kembali ke menu. lalu write pilihan disini untuk menentukan pilihan mana yang akan kita inginkan dan fungsi read(Pil) untuk membaca bahwa variabel Pil adalah pemanggilan dari pilihan ke 4 menu tersebut.
    (Pil=1->nl, disini adalah isi dari menu pilihan pertama yaitu biodata, kita isikan menu biodata tersebut dengan variabel nama, npm dan tuliskan juga variabel dari nama dan npm nya, jangan lupa untuk memberikan nl, untuk enter atau pindah baris.
    selanjutnya Pil=2->nl, ini adalah menu pilihan kedua yaitu menghitung luas lingkaran, kita isikan menu luas lingkaran tersebut yaitu masukkan jari-jari dengan memberikan variabel J dan masukkan variabel L dimana variabel tersebut adalah rumus dari luas lingkaran yaitu 3.14 (phi) dikali jari-jari pangkat 2, kemudian menampilkan untuk hasil dari luas lingkarannya dengan memasukkan variabel L untuk memanggil rumus yang sudah kita masukkan tadi.
    lalu Pil=3->nl, menu pilihan ketiga yaitu kondisi menentukan apakah bilangan yang kita masukkan adalah genap atau ganjil, dengan memberikan inputan masukkan nilai pada variabel nilai dan isi rumus dari variabel n adalah nilai tersebut habis di bagi 2 maka hasil 0 dan dapat dikatakan bilangan tersebut adalah genap, apabila bilangan yang kita masukkan adalah tidak habis dibagi 2 atau sisa maka bilangan tersebut adalah ganjil. Pil=4->nl, adalah hanya memberikan tulisan "terima kasih" dan pilihan tersebut berhenti di pilihan ke 4 yaitu exit. jangan lupa memberikan menu; pada akhir setiap menu sebelum menu exit dalam artian untuk mengembalikan pilihan yang kita inginkan.

    Outputnya seperti dibawah ini

    *Tampilan Menu 1 : Biodata                                     *Tampilan Menu 2 : Luas Lingkaran













     




     *Tampilan Menu 3 : Ganjil Genap                           *Tampilan Menu 4 : Exit

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil