Rss Feed
  1. LA 2 PROLOG

    Jumat, 13 November 2015


    Pada Minggu ini saya ingin mengulas materi Praktikum yang Saya ikuti tentang Prolog. Prolog merupakan suatu bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam pengembangan Artificial Intelliegence. Disini saya ingin memberikan sedikit codingan tentang input output program menggunakan operator Aritmatika dan Grade UTS dan UAS ditambahkan dengan Biodata diri.
     Berikut Codingannya :
    1. Program Aritmatika dengan Operator Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian dan Pangkat dengan variabel A dan B.


    Penjelasan
    Disini pertama saya buka SWI Prolognya, lalu buka file new dan masukkan variabel dengan nama “kall” kemudian diikuti tanda “:-nl,” disini fungsinya untuk membuat baris baru atau enter. Kemudian masukkan judul dari program yang akan kita buat dengan mengetik write dengan inputan “perhitungan” dan ditambahkan “-nl,” untuk membuat baris baru lagi. selanjutnya untuk inputan nilai “' masukkan nilai A = '), read(A), artinya adalah memberikan nilai pertama “Masukkan Nilai A =” dengan variabel A selanjutnya berikan juga nilai kedua dengan variabel berbeda. Selanjutnya masukkan rumus dari variable tambah adalah hasil penjumlahan dari variable a dan b, lalu kurang, kali, bagi dan pangkat. Selanjutnya berikan codingan untuk outputnya dengan mengetikkan write('Hasil dari Penjumlahan A B adalah'), diikuti dengan write(Jumlah),nl disini artinya adalah memberikan output dari dari variabel rumus yang sudah dibuat.
    Maka Outputnya akan seperti ini :










    2. Program menentukan Grade ditambahkan dengan Biodata
    Penjelasan
    grade :-nl, adalah nama program yang dibuat.

    -nl, perintah ini untuk membuat spasi baris/enter.

    perintah write (‘Masukkan nama :’) adalah hasil output yang harus diinput terlebih dahulu. lalu read(Nama),nl, adalah perintah untuk memanggil inputan yang telah dimasukkan. Begitu juga pada write dan read NPM,Kelas, UTS dan UAS. Setelah selesai maka enter untuk melihat cetakan yang telah diinput sebelumnya.

    T is ((70/100*UTS)+(30/100*UAS)) artinya adalah menginstruksikan program bahwa variabel T sebagai string
    hasil perkalian lalu penjumlahan antara nilai UTS dengan nilai UAS, T is= adalahperhitungan dari 70% dikali nilai input UTS anda dengan dijumlahkan dari hasil perkalian 30% dikali input UAS anda.

    tanda (,) dalam program prolog menyatakan pemberhentian sementara instruksi program yang diberikan.

    write('Nilai total : '), write(T),nl, untuk mencetak suatu kalimat Nilai Total pada tampilan layout di program prolog, selanjutnya write (T) adalah untuk mencetak hasil inputan yang sudah diberikan oleh variabel T
    ( T > 85 -> write('Anda Lulus dengan grade A'); menginstruksikan suatu kondisi jika hasil keseluruhan perhitungan UTS&UAS nya lebih besar dari 85 maka program menginstruksikan "Anda Lulus dengan grade A" dan tanda (;) dalam program prolog menyatakan pemberhentian sementara instruksi program yang diberikan.

    ( T > 75 -> write('Anda Lulus dengan grade B'); menginstruksikan suatu kondisi jika hasil keseluruhan perhitungan UTS&UAS nya lebih besar dari 75 maka program menginstruksikan "Anda Lulus dengan grade B" dan tanda (;) dalam program prolog menyatakan pemberhentian sementara instruksi program yang diberikan.

    ( T > 65 -> write('Anda Lulus dengan grade C'); menginstruksikan suatu kondisi jika hasil keseluruhan perhitungan UTS&UAS nya lebih besar dari 65 maka program menginstruksikan "Anda Lulus dengan grade C" dan tanda (;) dalam program prolog menyatakan pemberhentian sementara instruksi program yang diberikan.

    ( T > 55 -> write('Anda Lulus dengan grade D'); menginstruksikan suatu kondisi jika hasil keseluruhan perhitungan UTS&UAS nya lebih besar dari 55 maka program menginstruksikan "Anda Lulus dengan grade D" dan tanda (;) dalam program prolog menyatakan pemberhentian sementara instruksi program yang diberikan.

    write('Anda Lulus dengan grade E')). menginstruksikan suatu kondisi jika hasil keseluruhan perhitungan UTS&UAS sisa nilai pendeklarasian diatas maka program menginstruksikan "Anda Lulus dengan grade E" dan tanda (.) dalam program prolog menyatakan pemberhentian permanen instruksi program yang diberikan.

    Maka Outputnya akan seperti ini :



  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil