Rss Feed
  1. LA 3 JAVA

    Selasa, 17 November 2015


    Pada Minggu ini saya ingin memberikan Program Kondisi Login dan Umur
    1. Program Login dengan GUI


    Penjelasan
    Untuk membuat perintah input pada java kita menggunakan library import java.io.*; dimana dalam library tersebut terdapat perintah yang berguna untuk memasukan nilai kedalam variable. Kemudia ada import javax.swing.*; disini untuk komponen dari tampilan GUI nya, karna program yang kita buat ini tamilannya berupa GUI, lalu buat nama variabel class nya dulu, kemudian public static void main(String[] args) adalah fungsi main dimana public pada bagian ini berarti bahwa metode-metode dapat dipanggil didalam dan juga diluar kelas. static sendiri berarti sama untuk seluruh instant dari kelas dan void sendiri berarti bahwa metode tidak akan mengirim apapun setelah selesainya. Fungsi main ini berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi.
    Selanjutnya membuat variabel temp dan pass untuk tampilan saat program dijalankan maka kita akan disuruh memasukan username dan password dimana nilainya akan tersimpan di variable temp dan pass yang bertipe data String. Kemudian program akan masuk kedalam statement kondisi dimana jika nilai temp sebanding dengan "labsi" DAN nilai pass sebanding dengan "labsi" maka akan tercetak Anda Berhasil Login, jika tidak atau salah satu tidak cocok username dan pass nya bukan “labsi” maka akan tercetak Anda Gagal Login.
    • 1. Jendela nilai masukan (JoptionPane.showInputDialog())
    • 2. Jendela pesan informasi (JoptionPane.showMessageDialog())
    • 3. JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE digunakan untuk menentukan jenis ikon atau maksud pesan informasinya, dalam hal ini ikon yang ditampilkan dan maksud dari pesannya adalah sebuah informasi.
    Outputnya seperti ini















     
    2. Program Kondisi Umur


    Penjelasan

    import java.io.*;
    import javax.swing.*;
    Library untuk input outoput dan GUI nya

    class umur
    {
    nama classnya umur

    public static void main(String[] args)
    {
    fungsi main dimana public pada bagian ini berarti bahwa metode-metode dapat dipanggil didalam dan juga diluar kelas. static sendiri berarti sama untuk seluruh instant dari kelas dan void sendiri berarti bahwa metode tidak akan mengirim apapun setelah selesainya. Fungsi main ini berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi.

    String temp1, temp2, nama1, nama2;
    Variabel temp1, temp2, nama1, nama2 bertipe data string artinya karakter campuran

    int umur1, umur2;
    Variabel masukkan umur1, umur2 bertipe data integer artinya bilangan bulat

    nama1=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama pertama:");
    temp1=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan umur:");
    nama2=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama kedua:");
    temp2=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan umur:");
    Inputan “Masukkan Nama pertama” yang sudah disimpan oleh variabel nama1
    Inputan “Masukkan Umur” yang sudah disimpan oleh variabel temp1
    Inputan “Masukkan Nama Kedua” yang sudah disimpan oleh variabel nama2
    Inputan “Masukkan Umur” yang sudah disimpan oleh variabel temp2

    umur1=Integer.parseInt(temp1);
    umur1 yang disimpan dari variabel nama pertama bertipe data integer

    umur2=Integer.parseInt(temp2);
    umur2 yang disimpan dari variabel nama kedua bertipe data integer

    if(umur1>umur2)
    {
    JOptionPane.showMessageDialog(null," umur "+nama1+" lebih tua " +(umur1-umur2)+ " tahun dari " +nama2);
    }
    perintah kondisi jika umur dari nama pertama lebih kecil dari umur nama kedua maka hasil yang akan cetak adalah umur lebih tua

    else
    {

    JOptionPane.showMessageDialog(null," umur "+nama1+" lebih muda "+(umur2-umur1)+" tahun dari "+nama2);

    }

    }

    }
    tapi jika kondisi umur dari nama kedua lebih kecil dari umur nama kedua maka hasil yang akan cetak adalah umur lebih muda dan berikan tanda kurung kurawal untuk mengakhiri program.

    Outputnya seperti ini



  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil