Pada
Minggu ini saya ingin memberikan Program
Kondisi Login
dan Umur
1.
Program Login dengan GUI
Penjelasan
Untuk
membuat perintah input pada java kita menggunakan library import
java.io.*; dimana dalam library tersebut terdapat perintah yang
berguna untuk memasukan nilai kedalam variable. Kemudia ada import
javax.swing.*; disini untuk komponen dari tampilan GUI nya, karna
program yang kita buat ini tamilannya berupa GUI, lalu buat nama
variabel class nya dulu, kemudian public static void main(String[]
args) adalah fungsi main dimana public pada bagian ini berarti bahwa
metode-metode dapat dipanggil didalam dan juga diluar kelas. static
sendiri berarti sama untuk seluruh instant dari kelas dan void
sendiri berarti bahwa metode tidak akan mengirim apapun setelah
selesainya. Fungsi main ini berisi argument yang diambil dari ruang
eksekusi.
Selanjutnya
membuat variabel temp dan pass untuk tampilan saat program dijalankan
maka kita akan disuruh memasukan username dan password dimana
nilainya akan tersimpan di variable temp dan pass yang bertipe data
String. Kemudian program akan masuk kedalam statement kondisi dimana
jika nilai temp sebanding dengan "labsi" DAN nilai pass
sebanding dengan "labsi" maka akan tercetak Anda Berhasil
Login, jika tidak atau salah satu tidak cocok username dan pass nya
bukan “labsi” maka akan tercetak Anda Gagal Login.
- 1. Jendela nilai masukan (JoptionPane.showInputDialog())
- 2. Jendela pesan informasi (JoptionPane.showMessageDialog())
- 3. JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE digunakan untuk menentukan jenis ikon atau maksud pesan informasinya, dalam hal ini ikon yang ditampilkan dan maksud dari pesannya adalah sebuah informasi.
Outputnya
seperti ini
2.
Program Kondisi Umur
Penjelasan
import
java.io.*;
import
javax.swing.*;
Library
untuk input outoput dan GUI nya
class
umur
{
nama
classnya umur
public
static void main(String[] args)
{
fungsi
main dimana public pada bagian ini berarti bahwa metode-metode dapat
dipanggil didalam dan juga diluar kelas. static sendiri berarti sama
untuk seluruh instant dari kelas dan void sendiri berarti bahwa
metode tidak akan mengirim apapun setelah selesainya. Fungsi main ini
berisi argument yang diambil dari ruang eksekusi.
String
temp1, temp2, nama1, nama2;
Variabel
temp1, temp2, nama1, nama2 bertipe data string artinya karakter
campuran
int
umur1, umur2;
Variabel
masukkan umur1, umur2 bertipe data integer artinya bilangan bulat
nama1=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan
Nama pertama:");
temp1=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan
umur:");
nama2=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan
Nama kedua:");
temp2=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan
umur:");
Inputan
“Masukkan Nama pertama” yang sudah disimpan oleh variabel nama1
Inputan
“Masukkan Umur” yang sudah disimpan oleh variabel temp1
Inputan
“Masukkan Nama Kedua” yang sudah disimpan oleh variabel nama2
Inputan
“Masukkan Umur” yang sudah disimpan oleh variabel temp2
umur1=Integer.parseInt(temp1);
umur1
yang disimpan dari variabel nama pertama bertipe data integer
umur2=Integer.parseInt(temp2);
umur2
yang disimpan dari variabel nama kedua bertipe data integer
if(umur1>umur2)
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"
umur "+nama1+" lebih tua " +(umur1-umur2)+ "
tahun dari " +nama2);
}
perintah
kondisi jika umur dari nama pertama lebih kecil dari umur nama kedua
maka hasil yang akan cetak adalah umur lebih tua
else
{
JOptionPane.showMessageDialog(null,"
umur "+nama1+" lebih muda "+(umur2-umur1)+" tahun
dari "+nama2);
}
}
}
tapi
jika kondisi umur dari nama kedua lebih kecil dari umur nama kedua
maka hasil yang akan cetak adalah umur lebih muda dan berikan tanda
kurung kurawal untuk mengakhiri program.
Outputnya
seperti ini
0 komentar:
Posting Komentar