Rss Feed
  1. TUGAS I ISD

    Rabu, 30 Oktober 2013

    Tugas Softskills - MANUSIA DAN KEMANUSIAAN
     
    Nama : Nurjanah
    NPM : 16113682
    Kelas : 1 KA 40 Kalimalang
    Fakultas : Teknologi Informasi dan Komputer  
    Jurusan : Sistem Informasi 


    MANUSIA DAN KEMANUSIAAN

    Manusia memiliki kedudukan yang berbeda dengan mahluk lain ciptaan Tuhan. Manusia memiliki potensi yang tertuang dalam berbagai kompenen seperti fisik, otak, roh atau materi, jiwa, dan makna. Beberapa potensi tersebut yang dapat membedakan manusia dengan mahluk Tuhan lainnya. Selain itu, manusia ada sebagai utusan / Khalifah Tuhan untuk memimpin dunia, di samping statusnya sebagai hamba dihadapan Tuhan. Oleh karena itu, manusia kemudian patut menempatkan dirinya dalam ketiga aspek hubungan yang berkaitan dengan hubungan antara dirinya dengan sang khaliq, hubungan dengan sesama manusia, dan terakhir hubungan dengan alam sebagai sebuah harmonisasi.  

    Manusia dapat dipandang dari beberapa segi ilmu dan tentunya mempunyai peranan yang unik dalam dunia ini. Pendefinisian manusia adalah sebagai berikut :

    Pakar Logika (Mantiq) : Mantiq adalah alat atau dasar yang penggunaannya akan menjaga kesalahan dalam berpikir, Manusia sebagai hewan rasional, yang membedakannya adalah akal/pikiran
    Pakar Sosiologi : Manusia disebut Makhluk sosial atau merupakan ‘zoon politicon’, yang artinya manusia dikodratkan untuk hidup bermasyarakat dan berinteraksi satu sama lain – ARISTOTELES -
    Pakar Komunis : Manusia sebagai makhluk biologis (membutuhkan makan dan minum), yang berhubungan dengan materi, imanen (berpikir dengan diri sendiri atau subyektif) dan transenden  serta metafisika (tidak percaya adanya tuhan).
    Pakar Ekonomi : Manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa (Homo Ekonomicus).
    Filsafat Barat : Manusia menurut John Locke " A Man Condemned To Be Free" artinya (manusia diciptakan untuk mendapatkan kebebasan) manusia yang individualisme menciptakan sifat : Liberalisme, HAM, Sekularisme.
    Animal Simbolicum : Manusia adalah sebuah makhluk yang begitu terikat dan menyukai simbol. Para sosiolog menyebutnya " animal simbolicum" karenanya tidak salah jika dikatakan di mana ada manusia di sana ada simbol.

    Manusia disebut juga sebagai
    - Homo Ludens : Manusia yang suka bermain (bersenda gurau) & menciptakan permainan-permainan
    - Homo Safien : Manusia mempunyai akal dan pikiran
    - Homo Feber : Manusia yang suka bekerja

    *Memanusiakan Manusia*

    Manusia harus memiliki prinsip, nilai, dan rasa kemanusiaan yang melekat dalam dirinya.
    Memanusiakan manusia berarti perilaku memanusiawikan antar sesama.
    Sikap dan perilaku memanusiakan manusia didasarkan atas prinsip kemanusiaan yang disebut the mankind is one.

    MANUSIA MENURUT PANDANGAN ISLAM

    Manusia adalah makhluk Allah SWT yang memiliki unsur dan daya materi, tumbuh-tumbuhan, hewan, yang memiliki jiwa dengan ciri-ciri berfikir, berakal, dan bertanggung jawab pada Allah SWT yang diciptakan dengan memiliki akhlak, yang meneladani akhlak Allah SWT dalam kadar yang amat rendah ( yatakhallaqu bi akhlaqillah ). Manusia diciptakan Allah SWT dalam arti Majazi bukan hakekat.
    Manusia merupakan makhluk yang sempurna dan mulia. Manusia merupakan makhluk yang unik, sebagai makhluk yang paling sempurna, baik kejadian fisiknya maupun rohaniahnya. Selain sebagai makhluk yang paling sempurna manusia juga dijadikan Allah SWT sebgai makhluk yang memiliki kemuliaan dan keluhuran. Sebagai makhluk yang paling sempurna, manusia dimintai pertanggunjawaban terhadap amanah yang diberikan padanya untuk mengelola alam semesta bagikesejahteraan semua makhluk.
    Setiap manusia menurut pandangan Islam adalah pemimpin, sesuai dengan tingkatannya masing-masing. Setiap pemimpin bertanggungjawab terhadap apa yang dipimpinnya, baik lahir maupun batin, di dunia maupun diakhirat. Disebabkan manusia memiliki akal dan kalbu, maka ia dijadikan sebagaikhalifah dan sekaligus hamba Allah. Khalifah mengandung makna bahwa Allah   menjadikan manusia sebagai pemegang kekuasaan untuk melaksanakan syariat-Nya dibumi. Sebagai hamba Allah, manusia dijadikan makhluk beribadah pada-Nya. Akhlak merupakan salah satu ciri yang membedakan manusia dengan makhluk  lain. Kedudukan dan kemuliaan manusia ditentukan oleh akhlaknya. Tegak runtuhnya suatu bangsa juga ditentukan oleh akhlaknya.
     Salah satu kunci sukses dari perjuangan Nabi Muhammad SAW adalah terletak pada kemuliaan dan keluhuran akhlaknya. Demikian tingginya akhlak SAW sehingga SWT  memujinya dalam al-Quran. Sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.´ (QS. al-Qalam, 68:4).

    a. Manusia makhluk yg paling mulia dan atau paling hina
    ·   Mulia => Konstruksi jasmani dan rohani manusia lebih  lengkap
    ·   Hina => Tingkah lakunya bertentangan dgn aturan Tuhan

    b. Hakikat kejadian manusia
        Asal manusia
    ·   Jasmani => Tanah
    ·   Rohani => Gaib

    C . Proses Terwujudnya manusia
    ·    Manusia yg terwujud tanpa ibu dan bapak => Adam
    ·    Manusia yg terwujud tanpa ibu => Hawa
    ·    Manusia yg terwujud tanpa bapak => Isa
    ·    Manusia yg terwujud dari laki-laki dan perempuan => manusia sekarang
    ·    Terwujudnya manusia menurut teori Darwin=> Manusia berasal dari kera 


    (Sumber)





  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil