Pada tugas kali ini saya ingin membagikan sedikit saja penjelasan uji
coba kabel UTP, yaitu Straight dan Cross. Seperti yang telah kita
ketahui pada pembahasan sebelumnya, kita sudah mencoba crimping dari 2
jenis kabel jaringan tersebut dan pada kesempatan kali ini saya mencoba
untuk tes dengan IP Adreess yang berbeda. saya menggunakan 3 susunan kabel
yaitu : Straight-Straight, Cross-Cross dan Straight-Cross.
Berikut gambar dari hasil uji coba yang saya lakukan :
#Straight-Cross
#Straight - Straight
#Cross - Cross
(gambar terakhir adalah uji coba pada SO linux)
Pada gambar yang kita lihat diatas memunculkan kata "reply" yang artinya komputer tujuan memberikan respon terhadap pesan yang dikirim. Dengan kata lain, perangkat komputer tujuan masih terhubung dan dapat diakses.
Berikut Tabel Pengujiannya
TABEL UJI COBA KABEL UTP | ||||
NO. | SUSUNAN KABEL | IP TUJUAN | HASIL PING | HASIL FILE SHARING |
1 | straight - cross | 192.168.1.5 | Reply | Success |
2 | straight - straight | 192.168.10.108 | Reply | Success |
3 | straight - cross | 92.92.4.24 | Reply | Success |
4 | straight - straight | 12.12.1.8 | Reply | Success |
5 | straight - straight | 10.10.5.8 | Reply | Success |
6 | straight - cross | 192.168.10.8 | Reply | Success |
7 | straight - cross | 192.168.8.7 | Reply | Success |
8 | straight - straight | 127.0.0.1 | Reply | Success |
9 | Cross – Cross | 192.168.1.101 | Reply | Success |
10 | Cross – Cross | 10.1.82.1 | Reply | Success |
Kesimpulannya adalah :
Dari berbagai uji coba yang saya alami adalah success dan ada beberapa kemungkinan mengalami gagal. biasanya muncul RTO atau Request Time Out dan DHU atau Destination unreachable.
Cara mengatasinya apabila RTO adalah
- Cek penulisan IP Tujuan pada saat ping
- Cek apakah pemasangan kabel sudah tepat di komputer tujuan
- Cek kembali NetID pada komputer tujuan
- Matikan Firewall di kedua komputer
dan kalau hasilnya DHU atau Destination unreachable
- Pastikan kembali koneksi perangkat jaringan sudah baik/benar posisinya
- Jika memakai perangkat wireless USB, lihat lampu indicator menyala atau tidak
- Coba pindahkan ke port USB yang lain (kalau ga bisa juga, ganti yang baru :)
- Cek penulisan IP Tujuan pada saat ping
- Cek apakah pemasangan kabel sudah tepat di komputer tujuan
- Cek kembali NetID pada komputer tujuan
- Matikan Firewall di kedua komputer
dan kalau hasilnya DHU atau Destination unreachable
- Pastikan kembali koneksi perangkat jaringan sudah baik/benar posisinya
- Jika memakai perangkat wireless USB, lihat lampu indicator menyala atau tidak
- Coba pindahkan ke port USB yang lain (kalau ga bisa juga, ganti yang baru :)
0 komentar:
Posting Komentar