Rss Feed
  1. Disini saya ingin membahas tentang apa pengertian dari permintaan, penawaran, keseimbangan (equilibrium).
    Permintaan adalah persamaan yang menunjukkan hubungan antara jumlah suatu barang yang diminta dengan faktor-faktor atau syarat yang mempengaruhinya. Fungsinya untuk mengkaji, menganalisa perilaku konsumen dan harga. fungsi permintaan mengikuti hukum permintaan yaitu apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat. jadi hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta memiliki hubungan yang terbalik, sehingga gradien dari fungsi permintaan (b) akan selalu negatif.
    Faktornya : harga barang, harga barang lain terkait, tingkat pendapatan, Selera atau kebiasaan, Jumlah penduduk, Perkiraan harga di masa mendatang, Distribusi pendapatan Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan.
    Berikut saya lampirkan Contoh dari Permintaan penawaran harga untuk kebutuhan barang (besi) oleh Perusahaan dimana saya bekerja, dengan contoh : (nama supplier saya tutup, karna alasan privasi) 



    Penawaran adalah persamaan yang menunjukkan hubungan harga barang di pasar dengan jumlah barang yang ditawarkan oleh produsen. Fungsinya penawaran digunakan oleh produsen untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan banyak barang yang akan diproduksi.
    Menurut hukum penawaran bila harga barang naik, dengan asumsi cateris paribus (faktor-faktor lain dianggap tetap), maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan sebaliknya apabila harga barang menurun jumlah barang yang ditawarkan juga menurun. jadi dalam fungsi penawaran antara harga barang dan jumlah barang yang ditawarkan memiliki hubungan posifit, karenanya gradien (b) dari fungsi penawaran selalu positif.
    Faktornya : harga barang,harga barang lain terkait,harga faktor produksi,biaya produksi,teknologi produksi,jumlah pedagang/penjual,tujuan perusahaan dan kebijakan pemerintah.

    Berikut saya lampirkan Contoh dari Penawaran harga untuk kebutuhan barang (besi) dari Supplier, dengan contoh : (nama supplier saya tutup, karna alasan privasi)

    Keseimbangan permintaan dan penawaran (equilibrium)

    Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga equilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen) di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga yang akan di evaluasi oleh pihak pembeli untuk mencapai suatu harga yang cocok atau pas.
















  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil