Rss Feed
  1. Customer Relationship Management (CRM)

    Senin, 07 November 2016

    Pemahaman CRM
    CRM atau Customer Relationship Management merupakan strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan. Dengan memanfaatkan CRM, perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat dan terbuka serta komunikasi dua arah di antara mereka. Dengan demikian kesetiaan pelanggan dapat dipertahankan dan tidak mudah berpindah ke lain produk dan merek.

    Karakteristik CRM
    1)     Visi CRM
    Pernyataan Visi dibutuhkan bagi Organisasi sebagai arah tujuan Perusahaan serta acuan dalam upaya pencapaian tujuan Perusahaan. Melalui Board of Directors artikulasi Visi tersebut harus diketahui dan dipahami oleh setiap elemen organisasi dan pada setiap level manajemen perusahaan.
    2)     Strategi CRM
    Bersaing dengan Kompetitor dalam memperebutkan dan mempertahankan Pelanggan tidak cukup hanya dipenuhi dari sekedar melalui pernyataan Visi suatu Perusahaan. Visi tersebut harus di transformasikan menjadi Strategi Perusahaan yang mampu menjawab kebutuhan Pelanggan, mengetahui kapabilitas internal perusahaan serta memiliki komitmen dalam memberikan Pelayanan yang terbaik.
    3)     Consistent Valued-Customer Experience
    Aktivitas pada elemen ini memastikan bahwasanya proposition memiliki nilai bagi Pelanggan dan Perusahaan, mendapatkan market position dan konsistensi pelayanan pada setiap channel yang digunakan.
    4)     Organizational Collaboration
    Elemen ini melibatkan transformasi budaya perusahaan, struktur dan perilaku dari setiap pegawai dan Unit Organisasi, Mitra, Supplier dalam bekerjasama memenuhi kebutuhan Pelanggan.
    5)     CRM Processes
    Cakupan dari kegiatan ini melibatkan manajemen dalam hubungannya dengan customer life cycle, analysis dan knowledge management.
    6)     CRM Information
    Berdasarkan data berkualitas yang dikumpulkan dari berbagai sumber diolah menjadi informasi yang akurat dan up-to-date untuk dipergunakan sebagai basis dalam proses pengambilan keputusan oleh manajemen.
    7)     CRM Technology
    Perusahaan yang sukses pada umumnya memanfaatkan data dan informasi manajemen, aplikasi-aplikasi dalam berhubungan dengan Pelanggan yang didukung oleh arsitektur dan infrastruktur IT dalam menjalankan CRM.
    8)     CRM Metrics
    Pengukuran kinerja berdasarkan tolok ukur dari sudut pandang internal maupun internal dalam implementasi CRM merupakan hal penting yang harus dapat dilakukan oleh system tersebut.

    Arsitektur Pengembangan CRM

    dealer3.jpg
    CRM – Marketing
    Hubungan antar bagian ini dibutuhkan pada saat pengiriman SMS broadcast ke seluruh pelanggan.
    CRM – Sales
    Hubungan ini terutama untuk penindaklanjutan keluhan pelanggan.
    CRM – Service
    Hubungan ini untuk fasilitas service appointment folder dimana perlu adanya cross-check dengan bagian service (bengkel).
    CRM – Quality Control
    Hubungan ini terutama untuk penindaklanjutan keluhan pelanggan.
    CRM – Shipment
    Hubungan ini terutama untuk penindaklanjutan keluhan pelanggan.
    CRM – Branch Management
    Hubungan ini terutama untuk kegiatan sinkronisasi data antara pusat dan cabang.
     
    Implementasi CRM
    Untuk mengimplementasikan sebuah strategi CRM, diperlukan paling tidak 3 (tiga) faktor kunci yaitu :
    (1)orang-orang yang profesional (kualifikasi memadai),
    (2)proses yang didesain dengan baik dan
    (3)teknologi yang memadai (leading-edge technology).





    sumber1 sumber2

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil