Rss Feed
  1. TUGAS III IBD

    Senin, 07 April 2014

    Hubungan Budaya dengan Sastra
    Sastra berasal dari bahasa Sanskerta: शास्त्र, shastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar śās- yang berarti "instruksi" atau "ajaran". Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada "kesusastraan" atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.
    Pemakaian istilah sastra dan sastrawi, sastra lebih mengacu sesuai defenisinya sebagai sekedar teks,  Sedang sastrawi lebih mengarah pada sastra yang kental nuansa puitis atau abstraknya. Istilah sastrawan adalah salah satu contohnya, diartikan sebagai orang yang menggeluti sastrawi, bukan sastra. Selain itu dalam arti kesusastraan, sastra bisa dibagi menjadi sastra tertulis atau sastra lisan (sastra oral). Di sini sastra tidak banyak berhubungan dengan tulisan, tetapi dengan bahasa yang dijadikan wahana untuk mengekspresikan pengalaman atau pemikiran tertentu. Biasanya kesusastraan dibagi menurut daerah geografis atau bahasa.

    Macam-macam Kategori Sastra adalah :

        - Novel
        - Cerpen/cerita
        - Syair
        - Pantun
        - Sandiwara/drama
        - Tulisan/kaligrafi 

    Hubungan budaya dengan sastra

          Budaya adalah sesuatu nilai khas yang dimiliki, yang membedakan dengan budaya lainnya, contoh budaya bisa dari segi bahasa, adat istiadatnya, dan pola hidup ( lingkungannya), budaya adalah suatu yang tumbuh secara alami dan turun-temurun. Manusia adalah makhluk berbudaya,dalam arti bahwa manusia itu memiliki seni, teologi dan cabang-cabang lainnya (sejarah, sastra dll). Pada umumnya sastra terwujud dalam masyarakat melalui bentuk tulisan dan juga secara lisan. Dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani kedua hal tersebut tidak bisa kita pisahkan.Sastra termasuk seni  yang penting dalam kebudayaan karena seni merupakan ekspresi nilai-nilai kemanusiaan, namun disamping sastra memiliki peranan yang jauh lebih penting karena sastra menggunakan bahasa, selain memiliki hubungan dengan bahasa, budaya  juga memiliki hubungan dengan prosa. Prosa adalah salah satu bentuk dari sastra yang menceritakan kisah yang mempunyai pemeran,yang setiap alurnya mempunyai unsur khayalan atau imajinasi. Istilah kisah rekaan umumnya dipakai untuk roman, novel, atau cerita pendek. Contoh-contoh prosa lama adalah dongeng, hikayat, sejarah. Sastra baru meliputi cerita pendek, roman, biografi, kisah, otobiografi. Kata prosa memiliki persamaan kata atau persamaan arti dengan  narrative fiction, prose fiction ato hanya fiction saja saat kita membahas sastra yaitu prosa kita tidak bisa lepas dari puisi. Puisi adalah salah satu sastra. Puisi merupakan  bahasa yang berirama dan apabila dibacakan miliki rentakan alunan, contoh sastra yaitu sajak, syair, pantun, gurindam, lirik, seloka, mantera dan sebagainya. Ilmu budaya dalam kesastraan merupakan gabungan unsur  seni kebudayaan dengan kebudayaan manusia. Secara sederhana, manusia adalah pelaku budaya, sedangan budaya adalah objek yang dilakukan oleh manusia. Adapun nilai yang dapat diperoleh dari sebuah karya sastra adalah kesenangan, informasi, memberikan warisan cultural dan memberikan keseimbangan wawasan.

    Sumber

    Kesimpulan : Budaya sangat berkaitan erat dengan Sastra, hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena memiliki ketergantungan satu sama lain yang menjadikannya sebuah perpaduan sesuatu yang kompleks untuk dinikmati. Sebagai contoh, ada yang mengatakan bahwa bahasa sangat dipengaruhi oleh budaya, sehingga segala hal yang terdapat dalam kebudayaan akan tercermin di dalam bahasa. Sebaliknya, ada juga yang mengatakan bahwa bahasa sangat dipengaruhi oleh kebudayaan dan cara berpikir manusia.

  2. 0 komentar:

    Posting Komentar

profil